Cara Membuat Box Speaker Lapangan 12 inch 2018

Cara Membuat Box Speaker Lapangan 12 inch 2018 - Rubrik ini bermanfaat bagi kamu yang hendak bereksperimen dalam merakit sound system terutama kotak speaker. Membuat sendiri sound system rakitan yang nantinya untuk digunakan dalam situasi di lapangan memang memiliki kehormatan hati tersendiri lagipula bersuara bagus. Sound system rakitan ialah semua perlengkapan sound system yang dirakit oleh tangan sendiri (atau pertolongan sahabat anda). Tentu dalam merakit perlengkapan ini anda harus memiliki kemahiran khusus di bidang elektronika. Seluruh perlengkapan sound system rakitan ini mungkin kamu buat sendiri yang dibuka dari :
  • Mixer Audio Rakitan Sederhana
  • Power Amplifier Rakitan
  • Crossover Rakitan, dan
  • Speaker (ini yang menjadi ulasan kita tentang menciptakan Box Speaker)


Cara Membuat Box Speaker guna Sound System Lapangan Rakitan

Pada pemakaiannya nanti sound system rakitan ini dapat dipakai guna sound system lapangan tetapi dalam lokasi yang tak terlampau luas, kondisinya tergantung dari sejumlah aspek diantaranya kekuatan atau daya Loudspeaker serta daya Power Amplifier yang anda miliki. Kebetulan saya pun pernah menciptakan sendiri Power Amplifier dan Box speaker untuk kebutuhan sound system lapangan rakitan (buatan tangan sendiri) dan kami sudah pakai pada lokasi yang lumayan luas dan terdengar lumayan memadai.

Sekilas mengenai Cara Merakit Power Amplifier, Mixer Rakitan, dan Kotak Speaker

Berbicara tentang sound system rakitan terutama untuk perlengkapan Power Amplifier dan Mixer Audio atau pun Crossover terdiri dari 2 versi Perakitan Modul Blok, yaitu;

1. Blok Modul dengan PCB jadi (pasaran)
Pada blok modul (KIT modul) ini kita bermukim memilih 'PCB modul jadi' yang didalamnya telah ada komponen yang siap gunakan dan anda instalasi pada casing Power Amplifier yang pun tersedia di pasaran dengan sekian banyak  model dan ukuran. Pada proses ini kita melulu mengebor untuk menanam PCB kit Modul dengan spincer, merangkai kabel-kabel, dan memasang Trafo Power Suplai.

2. Blok Modul dengan PCB produksi sendiri
Dalam proses perakitan blok modul ini kamu harus menciptakan jalur layout PCB dan lantas menyusun komponen perlengkapan elektronik guna power Amplifier ini dengan memakai solder sambil menyimak diagram skema. Rumit dan perlu pengetahuan khusus. Saya pernah mengerjakan ini dalam menciptakan dan merancang sendiri Power Amplifier dengan memakai PCB berlubang dari skema amplifier yang saya pelajari dari majalah untuk kebutuhan praktikum latihan Eektronika di SMP. Ternyata berhasil. Waktu tersebut kami memakai kotak (casing) guna Amplifier ini dengan papan triplek. Tombol-tombolnya menyeluruh yang terdiri dari Volume, Bass, Treble, dan Balance. Saat tersebut belum terdapat jual blok modul siap pakai. Untuk penataan Volume, Bass dan seterusnya anda harus merakit preamp yang bermanfaat untuk Tone Control dan Level Control.

Mungkin anak-anak STM diajarkan mengenai materi ini, dan saya berasumsi bahwa cara ini mesti diterapkan dalam pembelajaran praktikum sekolah.

1. Membuat Kotak (Box) Speaker - Sound System Rakitan
Membuat sendiri kotak Speaker [Sound system rakitan - Dahulu orang menyinggung box speaker dengan kata salon speaker. Berikut ini kamu dapat menyaksikan apa saja yang dibutuhkan dalam membuta kotak speker ini. Anda dapat membuat beragam format dan ukuran dengan menggunakan papan hardboard atau triplek berukuran 8 mm. Pegerjaan penciptaan kotak speaker ini dapat menyuruh tukang kayu untuk mencukur atau menggergaji papannya, kamu hanya mengumumkan ukuran yang sudah kamu set sebelumnya. Persiapkan dahulu bahan-bahan yang anda butuhkan untuk kebutuhan ini diantaranya;
  • Papan Triplek ukuran ketebalan 6mm atau 8mm
  • Lem kayu (warna putih) dan lem perekat karpet (maaf, saya tak sebutkan merknya)
  • Skrup berujung lancip, dapat juga memakai Paku
  • Karpet guna pembungkus
  • Plastik guna siku kotak SP (Speaker) 16 buah
  • Corong angin 2 buah
  • Gagang (Handler) Samping Plastik 4 buah
  • Panel Connector guna kabel speaker


Berikut langkah-langkah dalam menciptakan kotak speaker sendiri.
Langkah mula sebelum menciptakan kotak Speaker anda, maka tetapkan dahulu ukuran kotak yang kita kehendaki dengan teknik melihat berapa inci ukuran driver speaker 'terbesar' yang akan kamu buat contohnya 12 inch, 15 inch atau 18 inch. Dalam pengukuran ukuran terbesar speaker mesti terdapat spasi antara lubang penempatan driver speaker dengan sisi kiri dan kanan kotak speaker, sangat tidak selama 2 cm kiri dan 2 cm kanan.
  • Pastikan ukuran kotak speaker yang kita kehendaki dari driver Speaker terbesar. Kepiawaian kamu dalam membagi potongan papan sangat diperlukan untuk mengirit biaya.
  • Kotak Speaker tercipta dari papan partikel berserat dengan kepadatan sedang. Untuk ukuran papan menjadi 4 x 2 guna sisi kiri, kanan, depan, dan belakang (untuk Stereo) dan papan ukuran 2 x 2 guna alas bawah dan atas (untuk stereo).
  • Buat lubang guna lingkaran driver speaker terbesar dengan teknik mengukur diameter tepian body driver speaker (penggantung speker). Tepatkan pada posisi tengah papan unsur depan. Gunakan pensil sebagai garis tolong pemotongan. Bagi garis bantu, kamu dapat mengejar ukurannya dengan pertolongan kawat tipis cukup keras yang kamu ambil ukurannya pada tepian body speaker. Setelah dilubangi, jajaki cocokkan lubang pada papan dengan memasukkan tepian body speaker, bila tidak cukup pas jajaki dikerat.
  • Lubangi pun papan untuk menanam panel Connector, Handler samping kiri kanan dan lubang angin
  • Bila telah dilubangi seluruh papan guna penggantung/ penempel Speaker ini, lantas merekatkan seluruh papan menjadi suatu kotak dan memakunya. Sebelum memaku terdapat baiknya pakai lem kayu pada tiap sisi yang bakal direkatkan supaya terhidar dari getaran nada rendah ketika speaker sudah berbunyi nanti.
  • Sesi pengarpetan.
  • Setelah seluruh kotak selesai, kamu ukur sisi-sisi kotak SP ini guna membagi ukuran karpet dan rekatkan dengan lem.
  • Bila telah selesai, tempatkan Speaker Driver, Tweeter (Horn Hriver), dan Panel Connector pada kotak speaker rakitan anda, pakai sekrup.
  • Hubungkan kabel dari Speaker dan Horn driver ke panel connector
  • Speaker system kamu telah berlalu dan siap digunakan.

Untuk menyalurkan jalur masukan antara Speaker Driver dan Horn Driver, maka di dalam kotak speaker dapat kita pasang Crossover Pasif guna membagi nada rendah dan nada tinggi. Input crossover hubungkan ke panel Connector, dan jalur LF ke Speaker driver, dan jalur HF ke Tweeter (Horn) anda.

2. Membeli Kotak (BOX) Speaker Papan Kosong Siap Pakai

Merakit speaker system dengan Kotak Speaker jadi (siap pakai). Bila kamu tak inginkan repot untuk menciptakan kotak speaker, sekarang di pasaran telah tidak sedikit yang meluangkan kotak speaker siap pakai. Kita melulu memilih Speaker yang menurut kamu mempunyai kualitas yang bagus.

Membeli Kotak Speaker Papan Kosong Siap Pakai
Ada sejumlah merk familiar yang bisa kamu gunakan, contohnya : Audax, JBL, Pioneer, ACR, Fabolous, dan masih tidak sedikit yang lain.


3. Membeli Kotak Speaker Plastik Kosong Siap Pakai
Merakit speaker system dengan kotak Speaker Plastic Fiber produksi China siap pakai. Bila suka, kamu dapat pun membeli kotak speaker plastik yang sudah tidak sedikit beredar di pasaran.



Penutup

Demikian yang bisa saya ucapkan dan semoga tulisan ini yang berjudul Cara Membuat Box Speaker Lapangan 12 inch 2018 berfungsi untuk anda. Anda perlu pun untuk memahami tentang teknik setting audio system. Saya pun membahas speaker aktif rakitan, jajaki simak di tautan ini

0 Response to "Cara Membuat Box Speaker Lapangan 12 inch 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel