Cara Memasang 3 Kabel Modul Power Supply Universal/Gacun

Modul ini adalah menggunakan 3 kabel yaitu merah, hitam dan biru, dengan koneksi sederhana dan sirkuit diagram, itu menimbulkan anti-disturbance dan perlindungan atas tegangan. 
Dari segi harganyapun terbilang sangat murah yaitu 25 ribu (di tempat saya) dan juga tidak sulit mendapatkannya. Misalnya: tegangan tinggi, koneksi short cut dan kesalahan lain. Ini sangat sederhana sekali, dengan instalasi cepat,kerja stabil dan dapat di andalkan.Ini adalah kenyamanan besar untuk penggantian dan pengembangan produksi. Produk ini cocok sekali untuk menggantikan dan menghasilkan power suplly swtching dari tv Ukuran 34" dan ukuran tv dibawahnya, monitor, VCD, DVB, mesin Fax dan lainnya.


Cara memasang 3 kabel modul power supply universal/gacun pada TV:

1. Lepas/copot transistor switching aslinya.
2. Sambungkan kabel merah modul (dari gacun) pada bekas kaki kolektor tadi (tengah).
3. Sambungkan kabel hitam pada ground (hot).
4. Pasang/tempelkan modul pada heatsing.

Kabel biru modul bisa dipasang, bisa juga tidak, karena fungsinya adalah sebagai protek jika ada kelebihan beban dan juga sebagai penstabil tegangan output modul. Disini memang di sarankan untuk memasang kabel biru agar tegangan output jadi lebih stabil dan aman jika ada arus berlebih. Untuk memasang kabel biru cadalah dengan melepas semua komponen yang berhubungan dengan optocoupler di bagian output. Kemudian sambungkan kabel biru pada kaki optocoupler.

Supaya lebih jelas lihat skema pemasangan modul di bawah ini:

Cara Memasang 3 Kabel Modul Power Supply Universal/Gacun

Cara mengetes tegangan output modul/gacun:

1. Putuskan dahulu beban output transistor horizontal.
2. Nyalakan PSU dan coba ukur tegangan outputnya/B+, Jika tegangan yang dibutuhkan masih kurang atau malah berlebih maka trim/atur trimpot pada modul sampai menemukan tegangan yang sesuai/dibutuhkan. Biasanya untuk tegangan B+ adalah 90 volt, 110 volt, 115 volt.

Jika dalam pemasangan modul ini sudah di anggap sudah benar, namun masih ada nois pada perangkat kemungkinan masih ada komponen lain yang bermasalah. Terutama pada bagian kolektor switching transistor dan rangkaian penyerap parallel yang terhubung yaitu R1 (22 Ω - 47Ω /3 -5 watt) dan (470pf-1000pf/ 1 - 2 Kv).

NOTE:

Jika TV tidak dapat di nyalakan, silahkan periksa atau matikan rangkaian apakah komponen sudah bekerja dengan baik.

12 Responses to "Cara Memasang 3 Kabel Modul Power Supply Universal/Gacun"

  1. Klo gacun bwt las kira2 perlu tambahan fet ,letaknya dimana y,, ,trimss

    BalasHapus
  2. gan,saya mau bikin lampu buat aquarium,saya punya LED modul 1mata 3kabel 12v,saya bikinnya pakai adaptor,saya bingung nyambungin kabelnya gan,LED 3kabel adaptornya 2kabel,tolong bikinin tutorialnya gan. Thx

    BalasHapus
  3. Gan minta bantuannya sy udah pasang gacun 3 kabel pada tv led polytron,pemasangan udah benar,hasilnya tegangan yang keluar setelah diukur jarum apometer turun naik(jarum apo bergetar)tidak stabil.mohon solusinya gan....

    BalasHapus
  4. Gan.. saya lupa masang..
    ini sambungannya ke mana ya... Soalnya ada 4 iji

    BalasHapus
  5. Yg jek satu satu gan... Tv lg 29inc
    Yg satu codenya p1111

    BalasHapus
  6. Mantab,sedikit pejelasan,padat dan sangat mudah dimengerti...makasih gan..

    BalasHapus
  7. Ada epek negatip ngga kalau dipasang gacun tq gan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel