Mengatasi Kurangnya Pasokan Daya (S.M.P.S)


Kebanyakan masalah dengan peralatan yang menggunakan power supply (s.m.p.s) seperti televisi dan monitor adalah kekuatan yang terkait, ini adalah karena pasokan listrik berjalan di bawah banyak stres karena tegangan yang tinggi dan saat ini terlibat di sekitar sirkuit ini.

Dalam pesanan untuk memahami bagaimana untuk menyelesaikan masalah s.m.p.s saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menganalisis modus kegagalan umum CRT televisi, Anda dapat menggunakan prinsip ini dalam memperbaiki CRT monitor.

Kasus satu: CRT televisi mati

Di sini mati maksudnya set tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan, kekuatan-ON LED tidak menyala dan tidak ada yang terjadi bahkan setelah power dihidupkan.

Mengkonfirmasi dulu televisi kabel daya tidak patah di dalam, Anda dapat memeriksa ini dengan mengukur tegangan di konektor input daya AC pada papan sirkuit.

Mengatasi Kurangnya Pasokan Daya (S.M.P.S)

Jika tegangan mencapai papan sirkuit, maka mencari sekering dan melihat jika itu ditiup, jika sekring adalah baik-baik saja memeriksa limiter gelombang juga terbuka atau tidak.

Jika dua komponen ini aman, maka kemungkinan tidak ada arus pendek pada sisi primer catu daya. Arus pendek di samping utama catu daya biasanya menyebabkan gelombang limiter atau sekering meledak.

Sekarang kita akan menggunakan kapasitor utama negatif sebagai dasar untuk semua pengukuran tegangan pada sisi primer catu daya.

Saya telah memodifikasi probe tanah meter dengan buaya klip sehingga saya bisa pasangkan ke titik dasar peralatan saya sedang memperbaiki dan karena itu saya menggunakan satu tangan untuk menyelidiki sirkuit.

Ini adalah tindakan pencegahan keselamatan karena seperti yang Anda tahu untuk memiliki potensi perbedaan di sana pasti ada hubungan antara hidup dan tanah.

Jadi, jika Anda menggunakan kedua tangan dan kebetulan menyentuh hidup dan tanah kemudian saat ini akan mengalir melalui tubuh Anda dan ini dapat berakibat fatal. Tetapi jika Anda menggunakan satu tangan, hal ini tidak mungkin.

Mengatasi Kurangnya Pasokan Daya (S.M.P.S)

Satu hal yang saya telah belajar dalam elektronik adalah bahwa jika Anda menguasai melakukan Anda pemecahan masalah menggunakan tegangan tes Anda akan memiliki keuntungan tambahan karena dalam Elektronika hal ini tidak selalu komponen yang gagal tetapi itu bisa hanya retak pada papan sirkuit yang menghambat tegangan arus atau bahkan kering sendi dan karena itu jika Anda berkonsentrasi pada mencari komponen buruk Anda akan membuang-buang banyak waktu dan berakhir tidak memperbaiki set.


Oleh karena itu saya mendorong Anda untuk mempersempit sirkuit rusak (daerah) dengan menggunakan tegangan pengujian hanya. Ini adalah metode yang sangat cepat dan berharga saya datang untuk belajar.

Sekarang set Anda meter ke DC macam 1000VDC dan menggunakan kapasitor utama sebagai ground Anda.

Pertama, cek tegangan di kapasitor utama ini dan jika Anda mendapatkan sekitar 300 vdc pada 220vac outlet atau 150 vdc 110 vac outlet maka dianggap persediaan baik-baik saja sampai dengan kapasitor utama.

Jika ada tidak ada tegangan capacitor utama kemudian cek mundur mencari komponen terbuka atau papan sirkuit yang retak atau kering.

Mengatasi Kurangnya Pasokan Daya (S.M.P.S)

Mengatasi Kurangnya Pasokan Daya (S.M.P.S)

Pastikan DC ini utama (300vdc atau 150vdc) adalah mencapai kekuatan regulator ic pin kolektor Tiriskan, sekarang masih menggunakan tanah sama Pindahkan probe positif dan mengukur pin vcc-di daya regulator ic.
Mengatasi Kurangnya Pasokan Daya (S.M.P.S)

Tergantung pada regulator yang digunakan, Anda dapat memeriksa benar vcc-di pasokan (memulai tegangan) dari lembar data untuk ic yang digunakan dari internet.

Tegangan dua ini sangat penting dan jika salah satu hilang pasokan akan muncul mati, jika vcc-di hilang ini berarti ada sebuah sirkuit terbuka atau memulai resistor terbuka.

Tutorial lainnya disini

Ikuti mundur dan menemukan apa yang mencegah start up tegangan dari mencapai vcc-di pin.

Petunjuk lain: jika Anda melihat vcc ini kurang dari normal dan berdenyut ada kemungkinan bahwa ada yang singkat pada pin itu, untuk mengkonfirmasi hanya mengangkat bahwa pin dan jika tegangan meningkat maka itu berarti ada yang singkat pada pin yang internal dan ic harus diganti.

Ada juga sebuah kapasitor filter untuk sumber ini biasanya 100uF/35V, silahkan check ESR kapasitor ini atau langsung menggantikannya jika Anda tidak memiliki ESR meter.

Ada juga sebuah resistor yang terhubung ke pin sumber dari ic ini disebut resistor rasa saat ini yang kadang-kadang membuka atau mengubah nilai dan ini dapat menyebabkan catu daya tidak untuk memulai. Biasanya itu adalah resistor ohm sangat rendah, kurang dari 2 ohms dan sekitar 2 watt sehingga yang besar.

Jika hingga di sini Anda telah memeriksa dan semuanya baik-baik saja, maka Anda harus mencurigai singkat di sisi sekunder s.m.p.s.

Pertama ukuran untuk memenuhi salah satu dioda sekunder yang menggunakan analog meter ditetapkan untuk X1, ketika Anda mengukur di setiap dioda pada sekunder Anda seharusnya tidak memiliki dua membaca dan jika Anda mendapatkan dua membaca mengangkat satu kaki dan menguji lagi. Jika Anda masih mendapatkan dua membaca kemudian Anda dapat menyimpulkan bahwa dioda adalah korsleting.

Juga ketika menggunakan metode ini dan menemukan bahwa dioda memiliki dua membaca di sirkuit dan ketika mengangkat sampai Anda mendapatkan satu membaca, itu juga bisa berarti ada yang singkat pada sumber itu (jalur).

Anda dapat mengikuti bahwa sumber yang mencari komponen korsleting; biasanya komponen yang paling umum untuk pendek adalah transistor, IC, dioda, kapasitor.

Ingat ketika melakukan tegangan pengujian di sirkuit sekunder Anda harus menggunakan ground dingin set.

Ground dingin (aman) terbaik untuk digunakan adalah turner ground (keluar bagian) atau kembali ground CRT.

Mengatasi Kurangnya Pasokan Daya (S.M.P.S)

Jika Anda menemukan masih ada tidak ada tegangan output sekunder atau tegangan rendah, itu adalah waktu untuk menggantikan utama B + beban dengan beban dummy.

Anda dapat membuat dummy beban dengan menggunakan 40 Watt bohlam 250 vac, pemegang lampu, buaya klip dan kawat dan menghubungkannya seperti pada gambar di bawah.

Mengatasi Kurangnya Pasokan Daya (S.M.P.S)

Sekarang mengidentifikasi utama pasokan ke flyback disebut B + dan lepaskan jalur sebelum flyback B + vcc pin. Jangan memotong papan sirkuit untuk melakukan angkat ini hanya satu sisi dari sebuah resistor (tinggi watt) dalam seri dengan tegangan B + ini atau kadang-kadang mereka menggunakan kawat jumper sebelum B + vcc pin lalat kembali dan melampirkan beban Anda dummy antara titik ini dan tanah dingin.

Jika bohlam lampu terus dan Anda mengukur antara 90 volt dc-140 dc tergantung pada ukuran televisi maka Anda bisa berasumsi bahwa s.m.p.s masih aman dan masalah pada sisi sekunder.

0 Response to "Mengatasi Kurangnya Pasokan Daya (S.M.P.S)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel