Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Standby (Led Nyala)


Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Standby (Led Nyala)

Hallo sobat, jumpa lagi nih dengan PCB Servis, kali ini saya membahas tentang bagaimana Cara Memperbaiki TV Polytron yang Mati Standby. Nah, pengalaman ini saya dapat dari beberapa waktu yang lalu saat dimintai tolong mbenerin tv polytron 14' dengan keluhan tidak mau nyala sedangkan led indikator nyala merah standbay.

Tadinya saya pikir kerusakannya cuma masalah biasa yang terjadi pada tv polytron maupun digiteg yang mengalami protek yang mengakibatkan gagal start. Paling cuma tinggal ganti elco yang mensuplay tegangan 50 volt untuk b+ travo osilator untuk basis tr horisontal.

Kemudian saya coba nyalakan TV sebentar supaya tau pasti masalahnya. Setelah mengetahui gejala kerusakannya langsung saja kerja dimulai. casing belakang di buka dan terlihat tv ini menggunakan Ic program HBK-00-01   Ic crhoma TDA8841. Sejenak saya amati fisik dari komponen disitu, saya kira paling kerusakan pada c526 yang biasanya 47mf63v, ternyata elco itu sudah di ganti dengan 10,160vol oleh tukang servis sebelumnya. Hmm... ternyata salah dugaan saya. Pencarian pun dilanjutkan dengan pengecekan tegangan-tegangan dan saya rasa normal semua. Mulailah pikiran berputar mengira-ngira dan berpusing ria kemungkinan kerusakan ada di mana ya, mungkin playback, ic atau mungkin yang lainnya.

Daripada hanya menduga-duga mending langsung ganti aja mana yang saya curigai, yang jadi biang keroknya. Pertama ic crhoma kebetulan ada cadangannya langsung tak tepas dan kuganti. Setelah selesei, saatnyaa untuk mencoba, dan ternyata masih sama saja. Selanjutnya playback saya lepas dan diganti dengan playback lainnya. coba saja barangkali playback nya yang penting dicoba dulu.


Setelah selesei penggantian playback. tv kembali saya coba nyalakan. jebreeet... tv pun sudah mau nyala. Setelah beberapa saat antena saya pasang dan gambar di layar sudah normal.

Saya pikir, wah... kok gampang banget ya, gajian nih.

TV pun saya tes nyalakan selama satu jam dan normal-normal saja dan saya rasa tak ada masalah lain, casingpun saya tutup kembali seperti semula.

Lalu sore harinya diambil yang punya. Tapi keesokan harinya ternyata pemilik tv datang lagi komplaine ke saya dengan keluhan yang sama seperti sebelumnya.

Katanya semalam baru setengah jam saja tv mati sendiri tapi led indikator merah stanbay dan di pencet-pencet tidak mau nyala lagi.

Waduuh... Mulai lagi ini pekerjaan kemarin yang aku sangka telah beres eh ternyata datang lagi kemeja kerja dengan keluhan yang sama hehehe

Memang bandel dan cukup menyita waktu juga setelah cek sana sini kecurigaan tertuju pada deflexi yorke. Saya lepas dari leher tabung crt, dan diamat-amati terlihat baik-baik saja, maka saya pasang kembali.

Karena saya sudah pusing tujuh keliling, saya jedah dulu aja TV Polytron ini sambil mengerjakan pekerjaan lain yang memang saat itu ada beberapa pekerjaan dilantai yang menunggu naik ke meja operasi buat dibedah jerohannya, hehehe.

Keesokan harinya timbul lagi rasa penasaran akan masalah TV POLYTRON yang satu ini. kecurigaan saya masih tertuju pada deflexi yoke. Meskipun terlihat bik-baik saja. tetap tak lepas dan tak ganti baru. karena memang saat itu punya cadangan deflexi baru. Setelah selesei penggantian defleksi, tv coba saya nyalakan, jebreet...  tv pun mau nyala. tak biarkan beberapa saat dan antena saya pasang,  di layar terlihat lebar horisontal telah pas tinggal vertical yang kurang sedikit, ya udahlah nanti aja

Stelah beberapa lama, Alhamdulillah TV Polytron ini sudah tidak kembali standby lagi, akhirnya ketemu juga masalahnya.  tinggal menambah lebar vertical tadi dan set ngepasin gelang warna.
Seting selesei.

TV Polytron ini sudah beres, tinggal nunggu pemiliknya datang aja.

Namun setelah semuanya sudah selesei, saya masih penasaran dengan biang kerok masalah tadi yang terus menggelitik saya. Akhirnya saya bongkar deflexi tadi, memang terlihat bagus sih, tapi  ternyata eh ternyata, kumparan horisontal dibagian dalam terlihat gosong karena terbakar. Pantas saja dicari cari gak ketemu, lah wong seng kobong neng njero kang. hehehe....

11 Responses to "Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Standby (Led Nyala)"

  1. Bos.. tv saya gk bisa hidup. Hanya ada tulisan Polytron nya aja warna biru. Salah tekan tadi pada remote tv nya.. gimana cara nya bos

    BalasHapus
  2. Mau tanya nih tv saya polytron led 24 in, kalo dicolokin lampu indikator nya nyala warna biru tapi tv nya gak bisa dihidupin . .ada masalah apa ya kira2 ,kalo ada yg tau mohon bntuan nya?

    BalasHapus
  3. TV POLYTRON SLIM cuma standby apa yg harus diganti mohon infonya

    BalasHapus
  4. Kenapa TV Polytron hidup norma koq lampu standby nggak mati alias tetap nylah

    BalasHapus
  5. Bos lampu indikator nya gk nyala tapi listrik masuk tv DIGITEC 21inch

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel