Memperbaiki TV LG Slim, Start Lalu Balik Standby Lagi


Memperbaiki TV LG Slim, Start Lalu Balik Standby Lagi

PCB Servis - Beberapa waktu lalu saya ada job servis TV LG Slim milik tetangga sebelah. Katanya TV gak bisa nyala, yang nyala cuma lampunya saja. Saya coba nyalakan TVnya saat itu juga, ternyata benar, lampu led nyala terang lalu redup dan kembali terang lagi. Itu tandanya TV ini proteksinya berjalan. kira-kira apanya ya yang rusak...? tanya pemiliknya tadi. Saya jawab rusaknya bisa macam-macam, ya harus dilakukan pemeriksaan dulu baru baru nanti ketahuan kemponen apa yang rusak.

Langsung saja saya bawa pulang TV tadi, kebetulan dekat. Setibanya di rumah langsung saya bongkar TVnya. Masalah awal kerusakan TV LG ini kira-kira seperti berikut ini:

1) Saat TV di start, lampu led indicator pada panel depan berubah redup kemudian beberapa detik kembali nyala terang lagi.
2)Setelah saya lihat filamen heaternya belum nyala, pertanda bagian horisontal belum kerja.
3) Setelah layar bisa nyala dan tv sudah keluar gambanya , beberapa detik mati ptotek lagi.

Pembersihan dulu bagian dalam tv dari debu yang menempel pada main board dan komponen tv , terlihat tv ini menggunakan komponen berikut ini:
  • IC Power reg   : STR W5554.
  • IC Croma         : LV 76211.3C
  • IC Vertikal       : LA 78141.
  • TR Horizontal  : C 6090.
  • FBT.                 : BSC 25- N0329.
Kemudian dilanjutkan dengan pencarian dan penyelesaian sumber masalah yang membuat tv mengalami problem-problem seperti disebutkan diatas.

Dari gejala awal kerusakan atau problem yang timbul pengecekan diawali dari STR w6554 reg suply ganti C840 : 22uf/63V. lalu coba start lagi tvnya tapi lagi-lagi masih sama seperti semula. Lalu dilanjutkan cek semua Resistor pembatas biasanya resistor ini mempunyai kode pada mainboardnya dengan tulisan (FR ...) dan ternyata benar didapat pada FR 403 pembatas pada jalur teg B+ 115V dalam kondisi putus. Ganti komponen tersebut layar tv sudah bisa hidup lagi. Colokkan antena untuk melihat bagaimana hasil gambarnya , sekarang gambar siaran juga mulai bermunculan satu persatu. coba stel tv agak lama sambil nonton salah satu acara.

Tapi saat sedang asik menikmati siaran TV, ....pettt!!, mati standby lagi. Coba start lagi dari remot dan tombol panel depan TV bisa hidup lagi, tapi lagi-lagi mati standby terus begitu jika diulang-ulang.

Pemeriksaan berlanjut

Saya coba open C pada Q16 : C5343 tv bisa start dan hor hidup ,heater juga nyala, layar juga sudah membuka. Sekarang sudah diketahui dan dipastikan bahwaTV ini mengalami problem protek atau kerusakan pada sirkit protek itu sendiri.

Penelusuranpun dilanjutkan pada bagian yang berkaitan dengan protek antaranya:

Memperbaiki TV LG Slim, Start Lalu Balik Standby Lagi

1. Cek teg pada pin 29 Ic LV76211 terukur 4,9V ini masih normal setelah penggantian C409.
2. Pin 20 untuk control out hor juga normal.
3. R 423 untuk sampling teg B+ to FBT.
4. Cek dioda untuk sampling teg vertikal.

Setelah pemeriksaan dan penggantian yang berhubungan dengan jalur protek tadi, Lalu saya coba nyalakan TV LG ini lagi. Cteee...ss!! Gamabar normal seperti sedia kala, dan yang pasti TV LG ini sudah tidak protek lagi. Meskipun dinyalakan sampai beberapa lama.

Itu tadi tips dari saya tentang cara Memperbaiki TV LG Slim, Start Lalu Balik Standby Lagi. semoga bisa bermanfaat.

9 Responses to "Memperbaiki TV LG Slim, Start Lalu Balik Standby Lagi"

  1. Terima kasih atas penjelasan gan. Sangat berarti bagi ku.

    BalasHapus
  2. Kalo di sstart tidak ada reaksi gmn ya cuma nyala lampu on merah doang , padahal abis ganti hampir smua bagian ic transistor elko kapasitor..mohon bantuannya

    BalasHapus
  3. Terimakasih infonya, sangat berguna

    BalasHapus
  4. c 409 ukuran brapa?

    BalasHapus
  5. Aq punya TV LG Slim yg kasusnya sama persis seperti itu tapi jika screen di putar 0 layar menjadi gelap TV tdk mati tapi jika di putar lagi(layar menyala) standby lagi kira2 apa kerusakannya sama ya

    BalasHapus
  6. Aq,punya tv LG ultra slim susah hidup,di on lampu nyala tapi layar g hidup..tkb

    BalasHapus
  7. Aq,punya tv LG ultra slim susah hidup,di on lampu nyala tapi layar g hidup..tkb

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel