Memperbaiki TV Polytron Minimax Mati Total (Led Mati)

Memperbaiki TV Polytron Minimax Mati Total (Led Mati)

Kali ini saya akan coba bahas mengenai TV Polytron Minimax model MX5207 dengan keluhan mati total. Ditandai dengan indikator mati dan pada regulator berbunyi ciiit..... . Hal ini menandakan ada beban berat di output regulator. TV Polytron Minimax ini menggunakan transistor regulator 7N65C. Tr horisontal MD1803DFH. Menggunakan IC program HBT 00-02G. Ic vertikal AN5522. Dan menggunakan flyback tipe JF0501-19577.

Pemeriksaan saya mulai dari cek tegangan B+ flyback ternyata short. Coba lepas flyback dan ukur lagi B+ dengan ground flyback ternyata normal tidak short. Ini berarti flyback baik-baik saja. Lanjut pengecekan tr hor ternyata short dengab GND. Lepas transistor horisontal dan juga flyback. Coba nyalakan TV tanpa transistor horisontal dan flyback. Ternyata regulator sudah tidak bunyi lagi. Berarti regulator masih normal. Beban output regulator sudah normal. Ternyata masih standby juga.

Tadi tegangan B+ drop dan lampu indikator tidak menyala. Kecurigaan saya tertuju pada IC program. Lalu saya cek tegangan 5 volt supply IC program ternyata drop/menurun menjadi 3,5 volt. Saya coba lepas pin B+ pada IC program , lalu cek kembali tegangan B+ IC program ternyata masih saja drop. 

Lalu saya coba cari lagi penyebab tegangan drop ini. Ditemukan transistor A1023 sudah rusak dan transistor C2328 yang juga rusak. Cek lagi komponen sekitarnya. Ditemukan diode zener 5,6 volt short juga diode zener 5,6 volt pada panel tombol depan supply receiver remote. Setelah penggantian komponen tersebut. Ukur lagi tegangan 5 volt tadi ternyata sudah normal.

Coba pasang lagi pin B+ IC program. Saya coba nyalakan TV, Ternyata masih saja standby. indikatornya juga masih mati. Tegangan B+ 5 volt IC program drop lagi. Coba lepas lagi pin B+ IC program. Tegangan normal. Berarti IC programnya rusak. Ukur dengan avometer pin B+ dengan GND IC program ternyata short. Ganti IC program HBT 00-02G ternyata di toko langganan saya tidak ada. Meskipun sudah beli di dealer Polytron. Alasannya IC program tersebut sudah tidak diproduksi lagi dan sudah ada versi terbarunya yaitu IC HBT 00-04G.

Saya coba browsing ternyata data pin-nya sama dengan IC HBT 00-02G tentu saja butuh setting ulang beberapa parameter di service mode. 

Setelah saya pasang ternyata TV sudah bisa menyala normal tapi suaranya hilang.

Buka setting datanya Polytron posisi TV standby, tekan menu sampai TV nyala, lalu masukan code 1014 edit option bit nya sbb HBT-00-04G OPTION0=0100 0001 audio OPTION1=1001 0010 OPTION2=0000 1001 OPTION3=0000 1100 OPTION4=0001 0000 OPTION5=0000 0000 OPTIONLANG 0000 0001.

Setelah melakukan beberapa settingan, TV sudah bisa nyala dengan normal kembali.

Itulah sedikit tips dari saya tentang Memperbaiki TV Polytron Minimax Mati Total (Led Mati). Semoga bermanfaat untuk anda.

3 Responses to "Memperbaiki TV Polytron Minimax Mati Total (Led Mati)"

  1. Mf guys mo tnya sy pny tv polytron 14" mxmax dg keluhan tv tdk nyala pas sy cb buka trnyata elko 220 mikro 400volt sdh melembung dan trkelupas plastik nya... Stlh sy ganti dg ukuran yg sama ttp gk nyala trs lmpu indikator led mati total. Mhon pencerahannya mks ...

    BalasHapus
  2. Maaf gays sy pnya TV polytron MX minimax 21 tegangan ada semua tp flyback tidak nyembur

    BalasHapus
  3. Maaf gays sy pnya TV polytron MX minimax 21 tegangan ada semua tp flyback tidak nyembur

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel