Cara Menghilangkan Suara Dengung Power Amplifier

Cara Menghilangkan Suara Dengung Power Amplifier

Cara Menghilangkan Suara Dengung Power Amplifier - Suara dengung pada power amplifier memang sangat menggangu, apalagi jika voluma di keraskan maka dengung akan ikut keras. Hal ini seperti memang sering terjadi pada power amplifier rakitan. Berbeda dengan power amplifier buatan pabrik yang suaranya bening dan bersih biarpun suara speaker dibesarkan tanpa tidak ada suara dengung sama sekali.

Penyebab suara dengung ini ada dua yaitu ground yang kurang baik, juga rangkaian power supply yang tidak bagus atau memadai. Untuk itu, jika mau merakit pastikan membuat rangkaian power supply yang bagus atau beli produk yang memang sudah terkenal bagus, karena hitungan mereka biasanya juga bagus sehingga bisa tanpa dengung biarpun kita cuma solder-solder tanpa ilmu tentang ampli...

Dengung juga ada dua yang biasa terjadi saat rakitan ampli sudah jadi, pertama suara dengung segitu saja, biar pun volume dibesarkan, dia tidak berubah tetapi ada dengungan yang cukup mengganggu telinga, saat musik dihidupkan suara dibesarkan suara bisa keluar bagus... ini biasanya cuma masalah ground atau power supply...

yang kedua, dengung ikut besar saat musik dibesarkan, alhasil suara musik jadi terdengar dengungnya, biasanya ini ada yang bocor, bisa di elco power supply, atau di transistor rangkaian...

Langkah awal untuk mengatasi suara dengung pada power ampifier adalah sebagai berikut:

1. Sebaiknya beli produk yang berkualitas dan merk bagus, karena menurut saya jarang terjadi dengung saat dirakit.

2. Buat satu titik, dengan mur, di casing dan pasang kabel menuju rangkaian untuk menjadi ground, yaitu ambil dari bagian speaker yang minus di rangkaian power, mengapa dari situ? ground kalo bisa memang hanya satu titik saja yang menempel di casing, untuk itu dengan mengambil dari rangkaian speaker output minus di power, juga menyambung ke CT, input dan output tone control, sehingga lengkap sudah ground, tanpa harus sambung-sambung kabel yang banyak untuk ground

3. Terkadang ground juga kurang kalo hanya dari bagian minus speaker, seperti yang saya alami, maka saya tambahkan juga pada bagian minus RCA input yang mengarah ke tone control itu, dan sambungkan ke kabel ground tadi, mengapa bisa kurang? yang saya rakit seperti pada tulisan sebelumnya, ternyata ground jadi belum sempurna, karena ada tambahan preamp mic, sepertinya karena travo terpisah sehingga CT kan perlu di ground juga, dan travo terpisah ini CTnya jadi belum diground, maka preamp mic yang saya rakit menimbulkan dengung, padahal sebelum preamp mic dipasang suara power dan tone control sudah bening dan bersih, maka saya tambahkan groundnya, tapi berhubung kayaknya tidak bagus mengambil langsung dari CT, maka saya mengambil dari input RCA saja yang bagian groundnya, digabung dengan ground yang tadi sudah terpasang, karena pada rangkaian preamp mic, CT juga sudah satu jalur dengan inputnya.

4. Ground itu mudah, jika masih dengung, inti dari ground adalah, CT, input Power, Input Tone Control, Input lainnya seperti preamp mic, galaxy, dan potensio ke casing (tapi potensio sepertinya tidak perlu diground, karena ketika dimur ke casing ia sudah menempel dan menjadi ground) ambil bagian groundnya untuk di ground ke casing, nah, cara saya yang 1-3 itu, bisa sederhana karena ketika kita solder-solder dengan kabel dan menjadi rangkaian, ground itu kan juga tersambung semua, input dan output semua tersambung, dan mungkin perlu tambahan berbeda seperti cara ke-3 akibat penambahan travo. Yup di coba saja, sampai dengung hilang.

Dengan 3 cara diatas ground sudah sempurna tuh, tapi masih ada suara dengung ya sudah sekarang kita lirik ke Power supply, berikut langkahnya:

1. penyebab dengung juga bisa karena Elco yang digunakan di power supply jelek, cuba ganti atau tambah micronya (uf), gunakan merk bagus, seperti Panasonic atau Nichicon.
2. Sebisa mungkin gunakan regulator pada akhir rangkaian Power supply biasanya bercode 79xx dan 78xx
3. kalo rangkaian power supply yang biasanya sudah kita beli di modul pasaran, seperti preamp mic yang saya gunakan, tidak menggunakan IC regulator, pertama saya ganti elconya, tetapi masih keluar dengung, hanya saja lebih kecil, maka hal selanjutnya yang bisa disalahkan adalah travo yang mungkin tidak boleh bercampur dengan rangkaian lain, sehingga gunakan travo terpisah dengan lainnya, misalnya 1/2A, atau 1A yang terpisah sendiri, saya coba lakukan itu, dan hasilnya dengung pada preamp mic hilang, dan ampli bersuara sempurna...

itu tadi tips tentang Cara Menghilangkan Suara Dengung Power Amplifier, semoga bermanfaat.

5 Responses to "Cara Menghilangkan Suara Dengung Power Amplifier"

  1. Mksh infonya kk , sangat membantu , sukses terus

    BalasHapus
  2. Gan saya pakek elko oranda 50 volt dengung kuat apa itu ya bos permasalahanya gron input sudah saya tempel ke box

    BalasHapus
  3. mhon pencerahan gan,5af pemula amplifier pke travo 20 A jd 1 box pke kayu tp di panel Dpn dan blkang pke logam dan ground ambil dr min Elco dan saat volume di ats stengah terdengar dengung seiring vol brtambh besar.mjon solusinya..

    BalasHapus
  4. Gan, saya punya bbrapa amplifer. Setiap ampli berbeda karater suaranya, nah saya mau tanya seputar ocl, ocl saya ga pake tone control karna saya suka suara naturalnya. Ketika di colokan input benar" bersih tanpa nois meskipun gronding di rumah saya termasuk buruk, nah gimana cara supaya kalok di cabut inputnya biar ga ngehum/nois gan? Terimakasih

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel