Cara Memperbaiki TV Tabung Mati Standby


Cara Memperbaiki TV Tabung Mati Standby

TV Tabung Mati Standby, begitulah kerusakan TV yang paling sering saya jumpai. Untuk faktor apa yang menjadi penyebabnya kemungkinan banyak sekali penyebabnya. Misalnya saja kerusakan pada IC control yang bisa mengakibatkan TV mati standby. IC control juga bisa mengakibatkan TV mati standby, karena IC control tidak bekerja maka IC prosesor tidak dapat trigger atau memasukan data dari IC control.

Disini, IC prosesor mendapat tegangan trigger terutama untuk horizontal Vcc berasal dari IC control . setelah tegangan horizontal VCC masuk dan oscillator horizontal bekerja maka tegangan horizontal driver keluar untuk memacu transistor driver horizontal hidup. Setelah transistor driver hidup bila tidak ada problem lagi di power horizontal, maka akan hiduplah TV tersebut .

Sebenarnya jarang sekali IC control ini rusak kecuali jika TV kena petir. IC control harus mendapat tegangan kurang lebih 5 volt ( tergantung type IC controlnya ) dan konstan. IC control ini sangat sensitive tidak boleh lembab dan kotor.apa lagi basah. oscilatornya memakai x’tal dan bekerja sama dengan IC memory . Bisa juga tuts nya ada yang short , lembab atau kena air berarti salah satunya kaki IC control short maka TV ini juga tidak mau hidup . periksa juga barangkali solderan nya kering maka perlu solder ulang .

Selanjutnya pada blok horizontal bermasalah

Kita anggap power supply baik dan rangkaian control baik .kemungkinan rangkaian blog horizontal ada masalah. misalnya rangkain oscilator horizontal, rangakian driver horizontal dan rangkaian power horizontal. Untuk rangkaian ascilator horizontal anda periksa tegangan horizontal vcc ( H.vcc ). X’tal dan rangkaian sekitarnya misalnya H out bagaimana...?

Untuk rangkaian driver horizontal periksa tegangan di basis transistor driver dan collector nya . tegangan di collector transistor driver harus ada setengah tegangan Vcc . juga periksa trafo output horizontal ini jarang rusak .

Power horizontal ini sering rusak, tapi jangan langsung maen ganti aja, sebperiksa tegangan di elumnya periksa dulu collector dan basis. atau yang terakhir FBT ( flyback trafo ) nya rusak, FBT bisa di tes sebelum anda membelinya.

Blok vertikal

Sebagian besar jika TV tabung mati standby seperti ini, bisa jadi komponen pada blok vertikal ada yang bermasalah, terutama IC vertikalnya. Tapi tiddak menutup kemungkinan komponen pendukungnya juga ikut bermasalah seperti dioda dan elco. Biasanya kerusakannya karena sering terkena panas dari heatsink IC vertikal.


Cara Memperbaiki TV Tabung Mati Standby

Adapun kerusakan yang lain yang menyebabkan TV tabung mati standby yaitu:

- Power supply tidak bekerja maximal ( lemah )
- Rangkaian control dan IC nya lembab atau kotor
- Tuts nya ada yang short . kotor
- Rangkaian osc dan driver horizontal tidak bekerja. atau ada yang rusak

Ini yang banyak terjadi ada salah satu rangkaian yang bermasalah atau rusak jadi protect

Bagaimana cara memperbaikinya...?

Kita parbaiki aja yang gampang-gampang dulu seperti membersihkan rangkaian control dan sekitar IC control dengan kwas dan tener lalu keringkan. coba…hidupkan. Kalau belum ok solder ulang kaki-kaki IC control dan IC prosesornya ,dan juga rangkaian nya , hati-hati jangan sampai ada kaki IC yang terhubung singkat ( short ).

Coba lagi hidupkan …. Bagaimana sudah berhasil ? kalau belum..
Periksa tuts nya mungkin ada yang short , cabut dan bersihkan dengan tener rusak ganti dengan yang baru. Pasang kembali coba hidupkan, belum juga hidup ?

- Periksa rangkaian power supply teg B+ 100volt s/d 115 volt untuk 14” dan 21” .
- Teg b+ 135 volt s/d 145 volt untuk 28” dan 29”.
- Periksa teg 5 volt atau 3 volt untuk teg IC control dan memori.
- Biasa elco-elco nya yang sudah lemah terutama yang tegangan nya tinggi.

Itulah tips singkat dari admin PCB Servir tentang Cara Memperbaiki TV Tabung Mati Standby, semoga bermanfaat.

2 Responses to "Cara Memperbaiki TV Tabung Mati Standby"

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua
    https://talyaflorist.com

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel