TV Polytron Diva Nyala Sebentar Lalu Stanby Lagi (protek)


TV Polytron Diva Nyala Sebentar Lalu Stanby Lagi (protek)

Seperti yang kita ketahui bahwa TV polytron mempunyai sistem proteksi yang cukup canggih. Satu komponen saja ada yang short, maka TV akan langsung gagal start, disitulah sistem proteksi sedang bekerja. Memperbaiki kerusakan TV yang dilengkapi dengan sistem proteksi seperti ini memang sedikit ribet. Namun jika anda mengerti dan mengetahui dimana letak komponen proteksi ini akan mempermudah pengerjaan TV. Kelebihan dengan adanya sistem protek pada TV adalah dapat meminimalkan terjadinya kerusakan yang labih parah. Rangkaian protek akan mematikan TV ketika ada area protek bermasalah mungkin tegangan naik atau malah karena memang ada komponen yang rusak, pembacaan tegangan dilakukan oleh prosessor TV tersebut, system protek ada yang diambilkan dari filamen dengan memberi tap pada supply tegangan dan potong melalui resistor dan satu dioda. Ada juga yang menggunakan rangkaian vertikal sebagai acuannya, dimana ada nilai tegangan yeng kurang atau bahkan melebihi maka rangkaian akan langsung memutus dengan paksa.

Biasanya dan memang sering TV polytron ini mengalami protek karena ada kerusakan pada blok vertikal. Namun tidak menutup kemungkinan juga ada kerusakan blok lain yang menyebabkan proteksi ini bekerja.

Baca juga: Cara Mengatasi TV Polytron MX51323 Mati Total

Dari pengalaman saya beberapa waktu lalu, menjumpai  TV Polytron Diva bisa nyala sebentar lalu stanby lagi. Tv polytron diva ini menggunakan IC vertikal 78141. Kebetulan yang sekarang ini akan saya coba share untuk anda. Detail kerusakannya adalah seperti berikut ini:

Setelah saya cek bagian vertikalnya, ternyata masih normal, tapi nyala hanya sebentar saja dan kemudian mati lagi.

Sebelumnya saya memperkirakan kerusakan ada pada bagian blok vertikalnya, karena setelah mengganti elko 50volt/100mf gambar bisa normal tetapi mati lagi. Saya coba hidupkan TV sebentar hidup dan kembali stanby, begitu seterusnya. Kemudian saya lanjutkan pemeriksaan pada komponen lainnya tapi masih dalam area vertikal, kemungkinan masih ada yang terlewat.

Saya cek lagi sana-sini, akhirnya ketemu juga kerusakan yang mengakibatkan TV polytron diva ini menjadi protek yaitu diode zener yang sudah short, letaknya dekat IC vertikal. Setelah saya lakukan penggantian diode tadi, lalu saya coba hidupkan TV kesekian kalinya, hasilnya byaaar... TV sudah bisa nyala dengan normal dan tidak kembali protek lagi.

Baca juga: Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Standby (Led Nyala)

Sekian tips dari saya mengenai cara memperbaiki TV Polytron Diva Nyala Sebentar Lalu Stanby Lagi (protek). Semoga tips singkat diatas bisa bermanfaat untuk anda.

2 Responses to "TV Polytron Diva Nyala Sebentar Lalu Stanby Lagi (protek)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel