Polytron U-Slim Led Kedip-Kedip Cepat


Polytron U-Slim Led Kedip-Kedip Cepat

Secara normal jika tv polytron u-slim pertama dinyalakan lampu led akan nyala merah. Setelah itu jika sudah start led akan nyala kuning lalu muncullah gambar. Lampu led ini bisa kita jadikan petunjuk jika terjadi kerusakan pada tv polytron. Bahkan pada tv merk yang lainnya seperti sharp, samsung, akari, LG dan sebagainya.

Kerusakan TV polytron u-slim dengan keluhan led kedip-kedip ini terbilang jarang sekali. Yang sering dan umum terjadi jika tv polytron protek adalah jika di start led bisa mati tapi sesaat nyala merah lagi, begitu seterusnya. Nah, kebetulan kemarin saya memperbaiki tv polytron dengan keluhan lampu lednya bisa mati lalu nyala lagi/standby lagi.


TV polytron ini milik tetangga kampung sebelah, katanya tv mati gitu aja cuma lampunya yang kedip-kedip. Karena dia datang ke tempat saya tidak serta membawa tv nya, alasannya karena tidak bisa membawanya dengan motor, takut jatuh. Kemudian saya disuruh kerumahnya buat memperbaiki tv nya. Lalu alat-alat saya bawa semua dan langsung berangkat kerumahnya untuk mengetahui keluhan pastinya seperti apa. Sesampainya dirumahnya langsung tv polytron tadi saya coba nyalakan, memang tidak mau start dan lampu led nya cuma kedi-kedip saja. Saya bilang pada pemiliknya bahwa itv polytron ini protek karena ada kerusakan pada komponennya. Harus saya bongkar dan cek dulu untuk mengetahui kerusakannya. Katanya oya mas silahkan dibongkar kalau begitu.

Tanpa pikir panjang saya langsung bongkar polytron tadi dan saya amati fisik komponen terutama bagian vertikal dan horizontal. Lalu saya temukan ada sebuah elko jalur B+ yang kembung dengan ukuran 33 uF/160 v. Kemudian saya ganti karena kebetulan saya bawa stok elco tadi. Setelah itu saya periksa komponen yang lain terutama transistor horizontal. ternyata masih bagus. Lalu saya coba nyalakan masih nggak mau nyala juga, malah lampu lednya tetep kedip-kedip cepat tidak seperti sebelumnya. Waduh... apanya lagi ya yang rusak...? pikirku!

Sambil berfikir lalu coba cek transistor driver horizontal, dan masih bagus. Setelah 60 menit berlalu kerusakan belum ketemu juga dan sempat puyeng juga sih. Saya tutup casingnya lagi dan akhirnya saya bawa pulang tv polytron tadi. Saya bilang lagi sama pemiliknya nanti kalau selesai akan saya antar lagi kesini pak, mungkin besok sudah selesai. Dia bilang silahkan mas.

Sesampainya dirumah saya coba bongkar lagi dan lakukan pemeriksaan lanjutan lagi. Lalu saya nyalakan dengan pakai dop 100 w untuk dibebankan ke jalur B+ tegangan B+ dan setrum lain pada output trafo ac matic, ternyata masih  normal. Pasti ada error di jalur horizontalnya nih. Penelusuran tegangan terfokus ke tegangan yang mentrigger basis TR horizontal yang harusnya keluar sekitar tegangan 1 V AC. Nah disini ternyata tidak ada tegangan sama sekali alias nol (0v). Coba cek tahanan juga masih normal. Ternyata ketemu ada Jalur 1 v ac tersebut telah putus. Padahal jika dilihat pcb nya kelihatan masih bagus. Langsung saya coba jumper dengan kabel pendek dan coba test nyalakan TVnya. Saya kira mungkin ini yang jadi masalahnya.

TV dinyalakan... jbreeet... hasilnya tetep sama.

Tapi ketika diberi beban dop tegangan B+ udah udah nggak drop lagi ada hasil sedikit nih.... Artinya jalur driver horizontal sudah beres. Sekarang perburuan tegangan tertuju pada trafo flyback dan outputnya. Coba lepas jalur vertikal, video dan heater bergantian. Dan hasilnya tetap sama. Dugaan saya, kemungkinan terbesar sumber masalah ada di trafo FBT. Karena nggak punya stock, nunggu besok nih baru ke toko.

Keesokan harinya setelah dapat FBT dengan seri yang sama lalu coba pasang dan hidupkan tv polytron nya. Jebreeeet... TV sudah bisa start dengan normal dan led nggak kedip-kedip lagi. Tapi kok gambarnya gelap ya... Cek ulang B+ sudah stabil 114 V, video 184 v dan heater 4,8 v.

Hmm... apa lagi ya... bandel amat nih TVpolytron.

Ternyata settingan screen dan focus di FBT masih posisi minimal. Lah...dalah... saking seriusnya periksa lainnya sampai lupa screen dan focus belum di naikkan. Mana mungkin gambar bisa keluar jika kalau begini. Langsung saya putar searah jarum jam screen dan focusnya. Nah gambarpun sudah nyala terang. Pasang antena gambar dan suara juga bening. Coba sekitar dua jam dinyalakan sambil memperbaiki tv lain dan hasilnya sudah aman. Lalu saya tutup cashing belakangnya dan saya antar TVpolytron ini kerumah pemiliknya.

 Alhamdulillah.... Gajian juga akhirnya...

Itu tadi sekedar pengalaman saya tentang bagimana cara memperbaiki Polytron U-Slim Led Kedip-Kedip Cepat. Mungkin ini hanya salah satu penyebab kerusakan seperti ini saja. Namun minimal cara saya di atas bisa menjadi acuan sobat PCB Servis untuk memperbaikinya.

Semoga bermanfaat

0 Response to "Polytron U-Slim Led Kedip-Kedip Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel