TV LG Gambar Channelnya Gelap Merah Tapi OSD normal


TV LG Gambar Channelnya Gelap Merah Tapi OSD normal

Berikut ini pengalaman saya memperbaiki TV LG yang gambar channelnya gelap agak kemerahan tapi OSD masih normal. Sekilas mengenai gejala kerusakan seperti ini mungkin anda akan beranggapan bahwa kerusakannya ada pada bagian RGB atau bahkan CRTnya udah loyo. Saya sebelumnya juga mengira seperti itu, karena yang saya lihat adalah gambar tv yang hanya gelap dan agak merah. Saya juga pernah ada job servis TV LG dengan gejala kerusakan hampir sama seperti ini dan saya ketemukan IC warna pada coket CRT yang error. Setelah saya ganti, jreeeng... tv sudah nyala normal.

Tetapi untuk gejala kerusakan gambar gelap saat ini, setelah saya perhatikan dengan seksama dengan pencet tombol menu ternyata OSD masih normal alias masih terang. Karena kerusakan ini masih baru bagi saya, alhasil sebelumnya saya agak kewalahan mengatasinya. Berbagai komponen sudah saya bongkar pasang mulai dari TR warna/RGB, elco, resistor tapi tidak membuahkan hasil. Mencoba memasang mesin TV LG ini pada CRT lain juga sudah saya lakukan, tetap saja nihil.

Berbagai usaha lain juga saya lakukan mulai dari browsing di internet, diskusi di group bahkan saya tanya langsung pada teman saya yang sudah senior. Masih saja tidak membuahkan hasil dan hampir saja saya nyerah mau saya ganti mesin cina. Tapi kata pemiliknya jika diganti dengan mesin cina terlalu mahal dan uangnya tidak cukup. Saya bilang, ya sudah nanti saya usahakan semaksimal mungkin untuk memperbaiki TV ini supaya bisa normal lagi.

Nah... tambah pusing kan saya hehehehe...

Keesokan harinya saya lanjutkan perbaikan TV LG ini lagi. Kali ini pemeriksaan saya mulai dari cek solderannya lagi, siapa tahu masih ada yang retak. Kemudian lanjut pada cek tegangan B+ dan lainnya, masih normal semua.

Tegangan di pin/kaki FBT tegmasuk teg 180 volt, Heater 4,5 volt dan ABL juga masih normal.Yang benar saja, kan nyala OSDnya masih normal/terang, tidak mungkin tegangan heater berkurang. Setahu saya jika tegangan heater kurang dari 4,5 atau 3,5 volt, maka gambar dan OSD akan sama-sama redup bahkan bisa gelap.

Disitu kecurigaan saya muncul, kemungkinan problem ada pada jalur ABL meskipun tadinya sudah saya cek dan terlihat masih normal. Kemudian saya cek lagi jalur ABL tersebut sampai ke IC chroma dan saya temukan 2 buah diode kaca yang berdekatan. Kode diodedi PCBnya adalah D502 dan D501. Saya cek D502 masih bagus dan setelah saya cek D501 tenyata sudah short. Perkiraan saya sementara, mungkin ini biang keroknya.

Letak diode D502 DAN D501

Saya coba cari diode kaca tadi di mesin TV bekas yang tidak kepakai. Setelah ketemu saya cabut dan langsung saya pasang sebagai ganti D501 tadi. Harap-harap cemas nih... semoga setelah penggantian diode D501 gambar TV kembali normal.

Jbreeet... TV coba saya nyalakan...

TV LG Gambar Channelnya Gelap Merah Tapi OSD normal

Gambarnya sudah tidak gelap dan merah lagi alias sudah normal kembali. Meski gambar masih banyak semutnya karena nggak pakai antena. Yang penting nyalanya sudah terang. Alhamdulillah... bisa gajian juga. Rezeki di bulan ramadhan hehehe....

Sekian tips dari saya tentang memperbaiki TV LG Gambar Channelnya Gelap Merah Tapi OSD normal. Jika anda ingin memberi tambahan masukan seputar kerusakan seperti ini, bisa langsung menulis di komentar supaya teman-teman teknisi lainnya bisa lebih menambah pengetahuan, termasuk saya sendiri yang masih belajar.

Terima kasih dan semoga bermanfaat untuk anda.

6 Responses to "TV LG Gambar Channelnya Gelap Merah Tapi OSD normal"

  1. mas tvku LG SLIM gambar gelap kemerahan osd nya juga gelap,itu yg d gamti mananya ya mohon pencerahanya

    BalasHapus
  2. mas tv saya juga LG slim gambar gelap osd juga gelap warna kemerahan,yg d ganti apanya ya,mohon pencerahanya

    BalasHapus
  3. Mohon bantuan nya para master saya punya tv lg 14in tabung biasa suara normal gambarnya agak gelap dan ke meeahan kira kira komponen yang mana nyang rusak ma'af baru pemula mohon bantuanya kawan.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel