Memperbaiki TV LCD LG Kerusakan Mati Total

Memperbaiki TV LCD LG Kerusakan Mati Total

Artikel kali ini ialah pembahasan tentang televisi LCD LG. TV LCD ini memiliki keluhan tidak bisa hidup sama sekali/mati total. Dengan tidak adanya gejala led penentu hidup, pikirku dalam hati sebelum membongkar TV ini, telah pasti ialah psu ada masalah sehingga tak adanya supply tegangan ke mainboard.

Pemeriksaan pertama yang kami lakukan ialah cek tegangan yang tertulis dipcb area soket output power supply. Output power supply adanya 24 pin dimana buat satu jalur memakai dua buah pin(kabel).

Beberapa output power supply TV LCD LG ini sehabis pengukuran adalah:

Tegangan 35v. dipakai buat tegangan standby televisi jenis ini. serta sebagian brand lain memakaikan tegangan tegangan 5v buat standby-nya yang diregulasikan ke 33v. didalam mainboard. Tegangan ini serius pasal proses dalam mainboard layaknya led standby, power on, ic program, memori serta area Kendalikan lainnya memakaikan tegangan ini.

Setelah mempunyai acuan itu akhirnya kami memulai dengan mengukur tegangan diarea tertulis 35vDC. nyatanya cuma terukur 3,26vDC sedangkan jalur tersebut jika dicut yang menuju mainboard bisa terukur 34 volt DC. setelah itu kami sempatkan mengubah 2 buah elko 1000uf10v di area regulator 35v. tersebut serta mencabut menggencangkan konektor. setelah itu steker tv kami tancapkan ke stopkontak namun belum membuahkan result. telah mulai pusing, menghisap rokok bersetara dengan minum es sirup yang telah disuguhkanbelum. sampai habis satu batang rokok ehhh kepikiran lagi,,kenapa led standby tidak hidup? Padahal tegangan standby tetap ada. 

Kami cek juga hambatan ditiap in out regulator 35volt. jalur stanby, dan dtemukan out IC 1007 hampir 0 ohm probe bolak balik. pasal penasaran benar tak area ini yang menjadi pengakibat akhirnya pengukuran dilaksanakan saat adanya tegangan masuk di IC 1007, serta benar outnya cuma terukur 1v.

Mungkin IC regulator ini telah melemah. Namun sehabis terdiam sebentar naluri berkata buat mencabut kapasitor dahulu sebelum IC, pasal di in out IC terpasang kapasitor kering serta dengan asumsi apabila yang rusak short ialah bukan kapasitor tersebutkan akan gampang buat melaksanakan cabut pasang kapasitor berkaki 2 dari terhadap sesuatu IC regulator yang mempunyai 8 buah kaki serta amat susah dipasaran bahkan bisa jadi tak ada.

Dan berhasil sehabis kapasitor C1062 serta C1063 output di lepas nyatanya di jalur regulator tak short lagi serta kapasitor yang telah dilepas terukur merasakan hubung singkat/short Setelah pengfantian kapasitor tv kami nyalakan. Jbreet...TV LCD LG ini langsung jrengggg,,, Lampu led merah menyala setelah itu kami tekan power on menyala lampu biru kedip-kedip serta layar lcd menampilkan raster kepyur. 

Untuk memastikan, kami cek ulang semua tegangan di power supply saat power on tadi. Hasilnya telah terukur statis sesuai tulisan di PCB. Terakhir tutup kembali cover balakangnya sambil menunggu pemiliknya datang. Nggak sabar pingin gajian...!

2 Responses to "Memperbaiki TV LCD LG Kerusakan Mati Total"

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/

    BalasHapus
  2. Boleh minta kontaknya untuk servis power supply TV LG LED 32"?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel