TV Cina Gambar Goyang dan Berkedip

TV Cina Gambar Goyang dan Berkedip

Halo teman-teman, lama rasanya saya tidak posting artikel. Di kesempatan kali ini kebetulan ada job memperbaiki TV Cina Gambar Goyang dan Berkedip yang akan saya bahas disini. Pertama TV cina ini datang dan setelah saya coba nyalakan gambarnya agak goyang-goyang dan kedap-kedip. Bukan itu saja gejala kerusakannya, bahkan dari suarapun juga terputus-putus. Tanpa pikir panjang saya langsung lakukan tahap perbaikan.

langkah pemeriksaanpun saya lakukan mulai dengan cek semua titik solderan pada bagian IC gambar, kemudian dilanjutkan dengan mengukur tegangan-tegangannya. Dri segi tegangan tidak saya temukan kejanggalan alias masih stabil. Selanjutnya pemeriksaan sementara pada komponen-komponennya pun masih dalam kondisi bagus. Misalnya saja pada beberapa elko disitu saya rasa masih bagus.

Analisapun berlanjut, pikirku...! kemungkinan setting menu pabrik atau factorynya ada yang bermasalah/error. Tapi saat ingin masuk setting menu pabrik, lagi-lagi tak ada remotnya. Akhirnya saya memutuskan untuk pinjam remote pada teman yang kebetulan juga servis tv seperti saya. 

Setelah saya dapat remotenya kemudian sayapun mencoba masuk pada menu pabrik menggunakan remote control dengan menekan/menusuk lobang kecil yang telah tersedia pada remote tersebut, menggunakan kawat kecil. Dengan menekan tombol dalam lobang tesebut sebanyak:

- 1x : maka muncul tulisan "FACTORY"
- 2x : maka muncul "B/W BALANCE" 
- 3x :maka muncul settingan "MENU"

Pada saat menekanekan sampai 3x inilah kita bisa mengatur dan memilih setting yang ingin kita sesuaikan. Dan perlu di ingat untuk mensetting menu factory harus hati-hati karena akan langsung berpengaruh pada tv, Misalnya pada gambar, suara, siaran. Jika settingan pada menu factory tidak tepat akan menyebabkan tv error.

Setelah mengecek satu persatu sistem standar pabrikatau menu factory, ternyata masalah tersebut muncul karena type IC yang dipilih pada menu factory tidak sesuai dengan IC yang terpasang pada papan PCB yaitu LA76818,sedangkan yang terset adalah LA76810. Nah, dengan memindah settingan  ke IC LA76818, masalahpun terselesaikan dan gambarnyapun sudah kembali normal.

TV Cina Gambar Goyang dan Berkedip

Jadi pada kasus TV Cina Gambar Goyang dan Berkedip yang saya temukan kali ni bukan diakibatkan karena kerusakan komponen. Melainkan kesalahan dalam menstting menu factory yang mungkin terjadi akibat dari kesalahan penggunaan remote control oleh user atau pengguna.

Sekian dulu tips dari saya mengenai TV Cina Gambar Goyang dan Berkedip, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman.

Jangan lupa tulis komentar ya...!

4 Responses to "TV Cina Gambar Goyang dan Berkedip"

  1. Saya mengalami masalah yg sama, saya lihat gk ada menu untuk memilih seri IC. Kalau di tv LG siii saya pernah lihat ada. Kalau di tv china kok gk ada. Dari menu 0 sampai menu belasa gk ada.

    BalasHapus
  2. oke minm makasih banyak sudah share ilmu yang bermanfaat seperti ini
    solder uap
    good

    BalasHapus
  3. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus
  4. Remot gk ada lubang kecilnya. Pake remot laen bisa gk bos

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel